Fakta tentang capung

Fakta tentang capung



Capung adalah salah satu serangga yang kerap kita saksikan di beberapa tempat spesifik seperti taman atau seputar rumah. Seperti pada kupu-kupu serta lebah, capung juga alami metamorfosis dalam periode kehidupannya. Bedanya, serangga kupu-kupu alami metamorfosis prima, sedang capung tak, atau cuma alami metamorfosis tak prima. Diawali dari telur lalu jadi larva serta pada akhirnya jadi capung dewasa yang bisa terbang indah.

Tersebut disini keunikan-keunikan dari capung :
1. Capung adalah salah satu serangga purba, mereka telah ada di bumi mulai sejak 300 juta th. waktu lalu. Fosil capung paling besar yang pernah diketemukan di bumi memiliki ukuran lebar sayap kian lebih 3 mtr..


2. Hewan ini yaitu serangga kelompok Odonata dengan kian lebih 5000 spesies tidak sama yang menyebar di semua penjuru dunia. Di Amerika Serikat saja ada kian lebih 400 spesies, terlebih Indonesia yang luas ini pasti semakin banyak spesies capung yang hidup.

3. Kita mungkin saja kerap lihat seekor capung ada diatas permukaan air. Kenapa sekian? Nyatanya di permukaan air tersebut capung menyimpan telur-telurnya yang lalu bakal menetas jadi larva. Mereka juga sangatlah awas dengan daerahnya seperti permukaan air itu hingga kerap kita temui 2 capung yang berkelahi keduanya untuk memperebutkan daerah kekuasaan.


4. Meskipun nampaknya sangatlah indah, capung sesungguhnya yaitu serangga yang ganas. Mulai sejak menetas dari telur, mereka yaitu karnivora yang sukai menyantap hewan lain. Ketika masih tetap larva, mereka mengonsumsi plankton, ikan-ikan kecil, dan larva lain. Di waktu sayap mereka mulai tumbuh, capung muda mempunyai sisi badan spesial yang ada di seputar kepalanya yang berperan juga sebagai tongkat untuk mempermudah menangkap ikan-ikan kecil. Di waktu dewasa, capung adalah predator alami dari nyamuk, hingga populasi capung yang banyak dapat jadi pengontrol yang efisien dalam menanggulangi penyebaran nyamuk disuatu tempat.

5. Hampir semua saat hidup capung sesungguhnya di habiskan ketika mereka larva. Larva capung sendiri hidup kurang lebih 3 th., kemudian mereka baru bermetamorfosis jadi capung dewasa yang bersayap. Capung saat ini cuma bertahan hidup sebagian minggu lantaran maksud mereka bermetamorfosis itu cuma untuk temukan pasangan supaya dapat melangsukan perkawinan serta pada akhirnya dapat meneruskan keturunan.

6. Sayap capung sisi depan lebih panjang dari pada sayap capung sisi belakang. Bentuk sayap seperti ini bikin capung bisa terbang amat cepat sampai 50 km/jam serta bisa lakukan beragam manuver di hawa dari mulai bergerak ke samping, belakang hingga menyusuri satu permukan benda. Kelihaiannya dalam terbang itu menobatkan mereka juga sebagai serangga paling cepat yang ada di bumi.

7. Salah satu hal paling menarik yang ada pada capung yaitu bentuk matanya. Serangga ini memliki mata yang besar dengan beberapa ribu lensa yang bersegi-segi seperti pada lebah. Dengan mata yang besar serta bersegi-segi itu, capung bisa lihat ke semua arah. Perihal ini pula yang bikin kita agak kesusahan saat mau menangkap hewan ini meskipun dari belakangnya sekalipun.

Sumber : kaskus. us

wdcfawqafwef