Arti warna bendera dalam balapan

Arti warna bendera dalam balapan




Dalam balap Formula 1 (F1) atau Moto GP, ada berbagai macam bendera balap yang berperan untuk memberitahu pesan utama pada beberapa pembalap yang tengah berpacu dalam lintasan lomba. Bendera ini umumnya dikibarkan oleh beberapa marshal di sekitar lintasan supaya bisa dipandang dengan terang oleh beberapa pembalap. Pemakaian bendera ini dapat berlaku didunia balap Internasional yang lain serta dipakai hampir di seluruhnya balapan dunia otomotif, tidak cuma dalam Formula 1 (F1) atau Moto GP saja.

Tetapi, spesial dalam balap Formula 1, lantaran pembalap meningkatkan mobil balapnya dengan kecepatan yang sangatlah tinggi, jadi pasti bakal susah untuk pembalap itu untuk lihat bendera yang tengah dikibarkan. Untuk menjawab persoalan ini, suatu display spesial dalam tiap-tiap kokpit pembalap yakni GPS Marshalling Sistem di buat.

Display ini bakal menyala sesuai sama warna bendera balap yang dikibarkan dalam sirkuit. Dengan diciptakannya system ini, jadi beberapa pembalap juga sangatlah terbantu untuk tahu pesan dari pengawas perlombaan dengan cara efisien. Tersebut beberapa warna bendera yang dipakai serta arti atau pesan di balik dikibarkannya bendera itu.

Bendera Papan Catur (Chequered Flag)
Bendera ini menyebutkan bahwa perlombaan sudah selesai. Dalam latihan serta session kualifikasi, bendera ini dikibarkan bila saat untuk latihan serta session kualifikasi sudah habis. Sedang saat lomba, bendera pertama kali dikibarkan pada pemenang lomba, lalu pada tiap-tiap pembalap yang ada di belakangnya.

Bendera Kuning
Mengisyaratkan bahaya, seperti umpamanya ada mobil atau motor yang rusak serta ada di dalam lintasan balap. Bila 1 bendera kuning dikibarkan, bermakna tiap-tiap pembalap mesti memperlambat lajunya. Sedang saat 2 bendera kuning dikibarkan sekalian, bermakna beberapa pembalap mesti memperlambat lajunya serta bersiap berhenti bila dibutuhkan. Diluar itu, pembalap dilarang menyalip pembalap lain saat bendera ini dikibarkan, bila tidak mematuhi jadi bakal memperoleh ganjaran hukuman.

Bendera Hijau
Apabila bendera ini dikibarkan, jadi mengisyaratkan bahaya sudah terselesaikan. Pembalap sudah melalui bahaya serta larangan pada bendera kuning juga dicabut.

Bendera Merah
Bila bendera ini dikibarkan, jadi perlombaan bakal dihentikan. Bendera ini umumnya dikeluarkan bila berlangsung kecelakaan yang fatal atau keadaan lintasan atau cuaca yang jelek. Tetapi dalam balap Moto GP, saat ini bila hujan turun waktu balapan tak akan dikibarkan bendera merah, beberapa pembalap segera menuju pit untuk ganti ban sesuai sama kebijakan tim.

Bendera Biru
Bendera ini dikibarkan untuk memberitahu pembalap bahwa dia bakal di over lap. Pembalap yang memperoleh panduan ini dapat mesti membiarkan pembalap lain yang bakal meng-over lap untuk menyalipnya. Bila pembalap itu tak menghiraukan panduan ini hingga optimal 3 kali, jadi pembalap itu bakal memperoleh hukuman. Panduan ini dapat diletakkan pada ujung tempat keluar dari pit saat ada pembalap lain yang ada dalam lintasan mendekat.

Bendera Garis Kuning serta Merah
Bendera ini dikibarkan untuk memberitahu pembalap bahwa lintasan jadi licin, umumnya dikarenakan oleh oli atau minyak yang tercecer atau saat hujan turun.

Bendera Hitam dengan Lingkaran Berwarna Jingga di Tengah
Umumnya dikibarkan berbarengan dengan nomer salah seseorang pembalap, bendera ini dipakai untuk berikan peringatan pada pembalap bahwa ia alami permasalahan mekanis serta ia mesti selekasnya kembali ke pit.

Bendera Hitam Putih
Juga dikibarkan berbarengan dengan nomer salah seseorang pembalap, bendera ini dipakai untuk berikan peringatan pada pembalap bahwa ia bertindak yang kurang sportif atau curang. Bila pembalap tak memperdulikan peringatan ini, jadi pembalap itu bakal terima bendera hitam.

Bendera Hitam
Dikibarkan juga berbarengan dengan nomer salah seseorang pembalap, bermakna bahwa pembalap itu mesti kembali ke pit. Bendera ini dapat kerap bermakna bahwa pembalap itu didiskualifikasi serta dikeluarkan dari lomba.

Bendera Putih
Bendera ini dikibarkan untuk berikan peringatan bahwa safety car ada dalam lintasan. Dalam balap Moto GP, bendera ini tidak sering sekali dikibarkan, bendera putih dalam Moto GP bermakna pembalap mesti masuk ke pit untuk ganti ban lantaran pergantian keadaan cuaca serta lintasan.

Sumber : kaskus. us

wdcfawqafwef