Alasan kenapa benda berwarna

Alasan kenapa benda berwarna



Bila satu benda bisa pancarkan sinar serta benda itu pancarkan gelombang sinar berwarna merah, jadi benda itu bakal tampak berwarna merah. Sedang bila satu benda tidak bisa pancarkan sinar, jadi benda itu bakal tampak berwarna sesuai sama spektrum warna yang dipantulkan benda itu. Disamping itu, spektrum warna yg tidak dipantulkan bakal diserap oleh atom atau molekul penyusun benda itu. Juga sebagai misal, bila disinari dengan cahaya berwarna putih, daun bakal memantulkan spektrum warna hijau menyerap sinar terkecuali spektrum warna hijau itu hingga daun tampak berwarna hijau.


Lantas kenapa satu atom atau molekul menyerap sinar spesifik? Penyerapan cuma berlangsung bila daya foton yang datang pas dengan daya yang dibutuhkan untuk memindahkan satu elektron paling luar atom atau molekul itu dari tingkat basic ke tingkat tereksitasi (atau dari pita valensi ke pita konduksi didalam zat padat). Jadi penyerapan spektrum warna oleh atom atau molekul penyusun satu benda yang mengakibatkan benda itu memantulkan warna spesifik saja. Spektrum warna yang yg tidak diserap, bakal dipantulkan. Serta spektrum warna yang dipantulkan inilah yang tampak oleh mata, serta bikin benda itu jadi berwarna.

Air Juga Nyatanya Mempunyai Warna

Lantas kenapa ada benda yang bening dengan kata lain tak berwarna seperti air. Namun, nyatanya air serta benda-benda bening yang lain sesungguhnya mempunyai warna. Butuh di ketahui bahwa warna air yaitu biru, lantaran air menyerap gelombang sinar matahari (yang terbagi dalam tujuh elemen warna). Molekul-molekul air ini lalu menyerap beberapa warna itu serta memantulkan spektrum warna biru, serta tersebut yang tampak oleh mata kita.

Tetapi kita tak mungkin saja bisa lihat warna biru air itu cuma pada satu gelas air atau satu ember air saja. Lantaran susunan air di gelas tak menyerap serta memantulkan cukup spektrum warna yang datang kepadanya, hingga air tak dapat tunjukkan warna biru aslinya. Lain perihal apabila kita lihat ke kolam berenang atau bahkan juga lautan luas. Air bakal memantulkan spektrum warna biru serta menyerap spektrum warna yang lain hingga air terlihat berwarna biru.


Dengan ini jadi jelaslah kenapa air laut atau air pada kolam renang berwarna biru. Tetapi, disamping warna biru yang dipantulkan air tersebut, lautan juga memiliki kandungan sangat banyak partikel-partikel yang lain. Dari mulai ikan, karang, plankton, dsb. Ada pula zat organik yang terlarut di di air. Materi-materi ini lah yang mengakibatkan penyerapan sinar matahari hingga cuma tersisa warna biru gelap untuk lautan. Diluar itu, pantulan warna biru langit pada air juga ikut berikan fungsi pada birunya warna air laut.

Langit Terlihat Berwarna Biru serta Matahari Terlihat Berwarna Kuning

Warna biru tersebut sesungguhnya datang dari sinar matahari yang mempunyai panjang gelombang yang besar. Saat masuk atmosfer Bumi, panjang gelombang itu bakal mengecil serta memencar. Panjang gelombang yang baru ini besarnya sama juga dengan panjang gelombang warna biru hingga langit tampak berwarna biru. Sesungguhnya, momen ini serupa dengan masuknya sinar lewat prisma. Sinar yang masuk bakal terbias jadi sebagian warna paling utama : ungu, nila, biru, hijau, kuning, jingga serta merah. Warna ungu mempunyai panjang-gelombang paling tinggi, serta warna merah paling kecil, hingga nampak arti ultra-ungu serta infra-merah.

Sinar matahari sendiri sesungguhnya berwarna putih. Sinar putih tersebut adalah paduan dari beragam daya gelombang. Lantas kenapa matahari terlihat berwarna kuning di mata kita? Hal semacam ini karena sebab terbiasnya gelombang warna biru di atmosfer seperti diterangkan diatas hingga paduan gelombang warna yang tersisa terlihat dengan warna kuning.

Pembagian Warna

Warna primer
Adalah warna basic yg tidak adalah kombinasi dari beberapa warna lain. Warna yang termasuk juga dalam kelompok warna primer yaitu merah, biru, serta kuning.

Warna sekunder
Adalah hasil pencampuran beberapa warna primer dengan pembagian 1 : 1. Umpamanya warna jingga adalah hasil kombinasi warna merah dengan kuning, hijau yaitu kombinasi biru serta kuning, serta ungu yaitu kombinasi merah serta biru.

Warna tersier
Adalah kombinasi salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Umpamanya warna jingga kekuningan didapat dari pencampuran warna kuning serta jingga.

Warna netral
Warna netral adalah hasil kombinasi ketiga warna basic dalam pembagian 1 : 1 : 1. Warna ini kerap nampak juga sebagai keseimbangan beberapa warna kontras di alam. Umumnya hasil kombinasi yang pas bakal menuju hitam.

Sumber : kaskus. us

wdcfawqafwef